20 April, 2010

Pertanyaan seputar latihan

Dear All,

Berikut saya akan sertakan beberapa pertanyaan - pertanyaan yang acap kali muncul pada saat kita ingin, akan dan sedang latihan. Banyak dari kita yang latihan hanya latihan saja tetapi tidak efektif yang mengakibatkan target yang ingin di capai membutuhkan waktu yang lama, berikut ada beberapa informasi dari majalah ADE RAI.

T : Berapa kali sich frekuensi latihan kita dalam seminggu ?
J : Tergantung tujuan dan level kondisi kita saat memulai latihan. Seorang pemula dapat melakukan kira - kira tiga kali dalam seminggu, seorang atlit binaraga dapat melakukan 10 kali atau lebih dalam seminggu.

T : Berapa lama kita berlatih per sesi ? Jumlah set dan rep yang optimal
J : Sekitar 40 - 60 menit. Lebih dari waktu ini tubuh akan banyak membakar protein otot untuk membantu suplai energi latihan. Jumlah set sekitar 15 untuk otot besar, 10 - 12 untuk otot kecil. Jumlah repitisi tergantung tujuan, untuk menambah massa otot sekitar 6 - 10 repetisi, untuk kekuatan sekitar 2 - 4 repetisi.

T : Waktu istirahat atar set sebaiknya berapa lama sich ?
J : Tergantung intensitas, kisarannya 30 detik sampai 5 menit.

T : Kapan waktu terbaik untuk latihan?
J : Tergantung tujuan, untuk pembakaran lemak pagi hari dalam keadaan perut kosong, sore hari bila ingin latihan dengan tenaga penuh karena sudah terisi cukup karbohidrat.

T : Berapa kali dalam seminggu kta melatih otot - otot kita ?
J : Tergantung kondisi dan tujuan, bagi yang ingin mencapai kesehatan 1 kali seminggu, bagi atlit - atlit 2 - 3 kali seminggu.

T : Latihan apa saja yang paling cepat memberikan hasil perkembangan otot?
J : Latihan dasar seperti squat, bench, press, barbell row, deadlift, barbell press, barbell curl, triceps pressdown, calf raise.

T :Apa sich latihan negatif itu ? Terus kelebihannya apa ?
J : Latihan negatif adalah latihan yang fokus pada fase negatif atau setelah fase kontraksi otot. Fokus pada fase negatif setelah tenaga kita habis untuk fase positif tapi masih terus dipacu untuk menahan beban saja. Kelebihannya memacu pertumbuhan otot lebih cepat.

T : Katanya latihan program sebaiknya diganti sebulan sekali, maksudnya apa ? Menghindari adaptasi karena tubuh kita akan beradaptasi pada satu program latihan dengan cepat dalam 1 bulan.
J : Kalau lagi tidak enak badan, apa harus latihan terus biar tidak merusak program atau berhenti latihan ? Sebaiknya tidak latihan, tapi boleh stretching.

T : Kalau lagi ndak sempat latihan misalnya sedang dalam perjalanan atau ditempat pekerjaan yang tidak ada tempat latihan, apa yang harus saya lakukan apakah saya harus berlatih atau tidak latihan ?
J : Sebaiknya melakukan latihan ringan dan dasar seperti push up, squat jump, pull up, sit up.

T : Katanya kalau nanti tidak latihan lagi nanti badan saya akan kendor dan jadi gemuk ?
J : Semua orang yang tidak berlatih akan menjadi gemuk dan tidak sehat. Analoginya barangkali adalah sama dengan mandi. Apakah benar kita tidak perlu mandi karena nanti toh badan kita akan kotor dan bau lagi ?

[ADE RAI]

0 comments:

Post a Comment