20 April, 2010

Pertanyaan seputar pengaturan makanan

Dear All,

Mungkin ada beberapa dari kita (termasuk saya sendiri) berpikir bahwa jika saya sudah berolahraga dengan sedemikian rupa lalu bisa makan dengan sepuasnya atau memakan apa saja. Untuk mengembalikan tenaga yang telah hilang, tetapi pemikiran diatas adalah salah. Jika kita ingin memiliki tubuh yang baik/ideal menurut BMI (body mass index, pada posting berikut akan dijelaskan cara menghitungnya) kita harus memiliki pola makan yang baik/sehat pula. Berikut ini ada informasi mengenai pertanyaan - pertanyaan yang sering muncul dalam pengaturan makanan, oleh Dr. Phaidon Lumbantoruan.

T : Berapa banyak sich makanan yang harus kita konsumsi ?
J : Jangan mulai dengan banyaknya, tapi mulailah dengan kebiasaan yang sehat mengikuti porsi makan kita. Misalnya yang tadinya hanya makan dua kali sehari dapat ditambah menjadi 4 kali dalam sehari sampai kita dapat makan 5-6 kali sehari dalam porsi kecil. Protein dapat ditambah bertahap sesuai kondisinya masing -masing.

T : Kalau tidak sempat makan bagaimana ?
J : Boleh diganti dengan suplemen atau cemilan sehat seperti buah - buahan, susu, tempe, tahu dan lain sebagainya. Jadikan makanan sehat sebagai kebiasaan.

T : Apa bedanya makan nasi, kentang, mie instan sebelum dan sesudah latihan ?
J : Indeks glikemiknya. Makanan dengan indeks glikemik tinggi seperti roti putih, gula membuat kita cepat lapar dan cepat lemas saat berlatih. Tapi dibutuhkan seperti kentang, ubi, membantu menstabilkan gula darah sehingga tenaga tetap penuh. Makanan dengan indeks glikemik tinggi membuat kita mudah gemuk.

T : Bagaimana sich pola makan yang benar, apakah karbohidrat atau protein tinggi ?
J : Teorinya 40% karbohidrat : 30% lemak :30% protein untuk kesehatan umum, untuk melakukan proporsi protein : karbohidrat : lemak dengan presentase 60% : 30%: 10% saat menjelang pertandingan. Hal ini menjadi salah satu sebab terjadinya perbedaan antara orang yang menjadi atlit binaraga dengan orang yang berlatih binaraga guna kesehatan tubuh.

T : Sumber protein yang baik apa saja ?
J : Hewani : Dada ayam, putih telur, ikan, susu. Nabati : Kedelai, kacang hijau, tahu, tempe.

T: Sumber karbohidrat yang baik apa saja ?
J : Roti, gandum, kentang, ubi, pasta, oatmeal, nasi.

T : Apa kita harus menghitung kalori yang kita makan ?
J : Kalau bisa akan lebih baik, tapi biasanya sulit untuk diterapkan, karena itu kita menghitung porsi makan saja. Misalnya dengan makan seukuran kepalan tangan kita. Kemudian konsumsi protein dapat dinaikkan perlahan - lahan bila mulai terbiasa.

T : Saya lihat Ade Rai dan binaragawan lain pada saat tertentu suka minum air distilasi, apa ada maksud tertentu dengan minum air tersebut ?
J : Ada, air ini bebas mineral, jadi murni air. Membantu sel tubuh saya bekerja denga optimal karena banyak mineral yang tidak dibutuhkan terdapat dalam air minuman yang menggangu fungsi tubuh saya. Lebih mudah untuk membantu proses pembakaran lemak. Air distilasi juga tidak mengandung sodium.

T : Apakah kita harus diet setiap saat ? kan bosen ?
J : Kita boleh dan dianjurkan untuk off diet sekali seminggu agar tubuh kita tidak terlalu terbeban dengan diet. Apa masih bolehmakan jajanan ? Boleh selama mengikuti kaidah - kaidah makanan sehat.


0 comments:

Post a Comment