18 April, 2010

Diet yang baik dan benar

Diet yang baik dan benar

Kemarin baru mendapatkan majalah trubus dari teman kantor (karena ada pasang iklan kantor hee.. ) topiknya bagus tentang "KEGEMUKAN, pergi & tak kembali". Dibuku ini kaya na lebih konsen ke masalah obesitas walaupun tidak terbuka juga soal diet yang baik dan benar. Jika teman - teman ada yang ingin diet sambil olah raga pun ada kiat - kitanya tersendiri, termasuk tips - tips yang selama ini saya blm mengerti.

Saya coba mengutip sedikit di halaman 3 majalah tersebut, menurut dr. Ekky M Raharja SpGK berjalan santai selama 20 menit ternyata hanya membakar gula tubuh. Lemak berlebih penderita obesitas baru terbakar bila jalan kaki di atas 30 menit. Berjalan cepat atau berlari pun sia - sia karena tubuh membakar protein, lemak yang menumpuk pun tetap menempel di tubuh. Kayanya hal di atas juga berlaku bagi teman - teman yang ingin diet yang diselingi dengan olahraga tetapi dengan cara yang tepat. Selama ini saya hanya berpatokan berlari di treadmill hanya untuk membakar kalori tetapi itu ternyata tidak lha cukup ternyata ada hal lain. Jika kita berolah raga berat lebih lama hanya membakar lemak sekaligus otot. Akibatnya terbentuk rongga dalam otot seiring penurunan berat badan. Saat tubuh mendapat asupan makanan berlebih, maka rongga dalam otot diisi lemak. Yang mengakibatkan "BOBOT" tubuh lebih mudah naik karena pembentukan otot jauh lebih sulit ketimbang pembentukan lemak,, kata dr. Samuel Oetoro MS SpGK.

tip's :

bagi teman2 yang akan memulai fitness, untuk menurunkan berat badan disarankan latihan cardio melalui treadmill, cross trainer atau running. Setelah itu di tambah latihan beban 2,2 kg diangkat 20 kali. Itu dilakukan 3 kali seminggu setelah 2-3 bulan, beban ditambah menjadi 10 kg, diangkat 15 kali. Semua latihan itu diawali dengan pemanasan berjalan kaki 30 menit. Penurunan berat badan mmulai terasa pada bulan ke-4. So keep fighting friend :D

0 comments:

Post a Comment